Risa's blog

Tips beasiswa IELSP

Posted on: August 8, 2011

kemaren krn posting di milisbeasiswa ttg beasiswa IELSP yg saat ini lg dibuka pendaftarannya, eh sy dpt email ttg pengalaman daftar IELSP smpe akhirnya sy dpt beasiswa di tahun 2008, tepatnya IELSP grantee batch 4 (Agust-Nop 2008). pas bulan ramadhan lg, jd ngrasain puasa dan lebaran di US. Oia, sy belajar di CESL (Central of English as a Second Language) Unniversity of Arizona, Arizona, USA.

nah mungkin ada yg bermanfaat buat teman2 yg lg/akan mendaftar beasiswa. ini merupakan tulisan subjektif penulis, tanpa ada maksud apa2 thd beasiswa ini. Ini merupakan pengalaman penulis selama mengikuti tes seleksi beasiswa ini. #slth baca tulisan ini, tdk ada guarantee klo Anda mengikuti saran saya, Anda akan lolos beasiswa loh.. yg pasti terus berusaha ya!!

Semua berawal dari… 

Pas nyoba pertama kalinya itu di Batch 3, daftarnya bulan Januari.. semua persyaratan sdh sy penuhi mulai dr TOEFL ITP, sertifikat2 yg aku punya, ngisi Essay jg dgn sungguh2. Stlh ngirim berkas, nunggu 2 minggu kmudian, ada panggilan buat interview.. Wah seneng rasanya. Oia, aku di Jogja n tentunya banyak peserta2 dari universitas lain yg jago2 bahasa inggris, ada yg ngambil sastra inggris, pokoknya jago2 lah..

trs pas interview, ditanyain macem2, seingatku.. pertanyaan yg diajukan ga jauh beda dr apa2 yg sdh kita tulis di formulir itu. jadi ingat2 ya apa2 yg sdh kamu tulis.. jgn smpai nulisnya A, eh.. pas interview jawabnya B, kan ga nyambung, hehe :p
Beasiswa ini juga bukan hanya ttg memberikan pengalaman bg penerima beasiswa utk belajar bahasa Inggris secara native, tp beasiswa ini juga ttg “promote Indonesian culture”, belajar menghargai perbedaan dan harus bisa adaptasi dgn kehidupan di luar sana yg multicultural. (that’s my own opinion ya..🙂

Beberapa hr kemudian, ada pengumuman.. dan hasilnya, ga di telpon oleh pihak IIEF. ya.. berarti belum beruntung.🙂 #hikmahnya memang itu bukan wktu yg tepat buat sy utk dpt beasiswa, coz sy memang msh ikut perkuliahan setiap hari. 

sebulan kemudian, ada pengumuman klo IELSP batch 4 dibuka (dan ada info klo ini batch terakhir), awalnya malas utk ikut (msh trauma ga lolos kmren), tp sy pikir ini kan last chance buat saya utk ikut beasiswa ini, jd ya.. daftar juga.🙂
Kali ini dgn persiapan  yg lbh matang plus pengalaman interview kmrn. Kali ini sy lbh legawa (klo memang rejeki sya, ya akan jd milik sya#klo ini jg ditiru ya.. :p) 

Interview: standar ya.. mulai dari ttg diri kita, motivasi ikut beasiswa ini, kegiatan2 yg pernah kita ikuti, prestasi2 yg kalau ada, 
#saran saya, klo Anda pernah ikut kegiatan di kampus ataupun di luar kampus, ceritakan pengalamanmu. ini menunjukkan klo kamu pandai beroganisasi, orngnya mudah bergaul, n dll. 
dlu sy pas ikut kegiatan lingkungan yg diadain oleh GreenPeace Indonesia dan sy jd salah satu panitianya, eh pas interview, “apa kegiatanmu skrng?” sy ceritain keterlibatan sy ttg acara itu, eh pas juga ada berita korupsi ttg lahan hutan, jd sy kait2in aja. 
#saran saya, update jg ya sm issue nasional saat ini. 
Lucky me, klo ga salah 2 minggu kemudian, sy ditelpon oleh pihak IIEF, klo sy lolos beasiswa. pas ditelpon itu, sy ga percaya klo sy yg dpt smpe sy ngecek email dan melihat nama sy ada disana. Alhamdulliah, rejeki sdh di dpn mata🙂

#saran sy (klo yg baik2, bisa dicontoh ya… :p)
1. terus berusaha, langkah kita jng berhenti pada satu kegagalan, siapa tahu keberhasilan kita malah ada stlh kegagalan itu.
2. Klo kmren kurang persiapan, utk kali ini sediakan waktu utk nyiapin semuanya, mulai dr ngisi formulir dgn baik, smpe nyiapin berkas persyaratan lainnya. Ambil hikmah dr peristiwa kmren ya… 
3. Jgn lupa minta doa dr orng2 terdekatmu ya.. merekalah supporter abadimu. 
*Risa

12 Responses to "Tips beasiswa IELSP"

hay risa .. saya mau tanya .. pada document checklist itu kan ada Letter of Reference kan? nah..tolong donk jelasin mksud nya gmn itu?
trus apakah high school transcript record nya itu mempengaruhi gk ?

makasi risa..salam kenal dari weny

Hey Weny,,
betul, dlm persyaratan pendaftaran IELSP, ada Letter of Reference, itu adalah kolom bagi orang yang mengenal kamu untuk memberi komen ttg kamu, bisa jd Ketua jurusan di kampus kamu, dosen kamu, Ketua fakultas bahkan rektor kamu jg boleh. saran saya, minta tolong pd orng yg benar2 mengenal kamu, jd mereka bisa mmberi komentar yg tepat. hal ini penting mengingat para interviewer/reviewer jg melihat kolom ini.

utk high scholl transcript record, itu memang perlu dilampirkan. seberapa pengaruhnya? sy kira ga bnyk, justru kondisi kamu skrng lah yg bnyk mempengaruhi penilaian interviewr ke kamu.
Semoga sukses ya…
oia, klo da yg kurang jls, feel free to send me another comments ya…

Hello mbak risa aku mau tanya2 nih ttg beasiswa ini. Tapi kayaknya kurang enak kalo di posting d publik gini.Bisa kita bincang private chat?Mungkin mbak risa gk keberatan ngasih aku akun FB/YM mbak?
need urgent mbak. D tunggu sharingnya. Trima kasih. Rama

hello rama
silahkan add sy di FB an Risa Qania
sy search km di FB kok ga da ya? pake nama lain ya?
tak tunggu ya…
sy siap membantu kamu )

mabk risa, saya mau tanya-tanya. saya sudah add FB mbak risa… mohon bantuannya🙂
salam kenal mbak risa…

mbak saya mw tau banyk tntang syarat” beasiswa mngkin mbak bisa bantu saya. klw mbak berkenan bsa berkenalan lwt email. my email itaariyani.spica@ymail.com

Supaya kita dapat update-an tentang bukanya pendaftaran IELSP yg baru gimana ya? Soalnya kmaren saya baru tahu setelah jadwal pendaftarannya ditutup. Lalu waktu interview apa ditanya menggunakan bhs inggris atau indonesia? Terima kasih.

Halo Devi
interviewnya pake bahasa indonesia kok,,
jd ga usah khawatir
sukses yaa

Mbak, aku tanya dong… Kalau sudah pernah keluar negri apa masih ada kesempatan untuk dapat beasiswa ini? Aku dengar ini cuma buat yang belum pernah ke luar negri aja…
Terimakasih

Hai Anggun

Di persyaratan IELSP memang tertulis diutamakan utk mahasiswa yang blm pernah ke luar negeri. Tapi bukan berarti ga bisa ikutan daftar IELSP kan? Saran saya, daftar saja, karena keputusan lulus atau tidak ada pada pihak IIEF kan?

Good Luck ya
Risa

hallo, nama saya dinmas, kebetula saya sangat tertarik untuk mengikuti ielsp, target dan mimpi saya, saya bisa ikut ielsp dan ke amerika sebelum lulus kuliah, syukur2 bisa lanjut s2 kesana, tips lain apa si selain yang di jelasin di atas, soalnya saya sudah smstr 5, ohh ya dan info2 pendaftaran dapatnya dmna? terimakasih mohon di balas di email saya dinmas.masyudin1792@gmail.com
terimakasih semoga pengalaman kamu bisa menginspirasi banyak org.amin

Hai Dinmas..
Maaf baru sempat balas komen.
Setahu sy, IELSP blm dibuka lagi, belum tau jg akan dibuka kapan. Semoga bisa segera dibuka lagi. kamu bisa sering2 visit ke aminef.com atau iief.or.id
sukses ya Dinmas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

August 2011
M T W T F S S
« Mar   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 57,560 hits

Klik tertinggi

  • None

Pages

%d bloggers like this: