Risa's blog

Be Open Minded Person

Posted on: September 11, 2009

DSC05586Tadi siang, Q g sengaja berpapasan sm orang pas lg jalan. Orangnya sekitaran 30-an. Ngobrol basa-basi dikit. Yg mengherankan, dia nanya, “beneran udah pernah ke Amerika?”. saking herannya dia mpe nanya 2 kali. Haloo??  Emang tampangku kurang meyakinkan ya, utk seorang yg udah pernah ke Amerika? emang da patokan klo orng yg udah pernah ke Amrik hrs berpenampilan “beda” n “pantas”? (Adudu..puasa2..kok jd esmosi gini ya?..sabar..)

Mendapatkan beasiswa ke Amrik terkadang jd suatu prestasi yg membanggakan. Mungkin sebagian orng masih menganggap bahwa Amerika merupakan suatu negara superpower dengan sistem pendidkan yg bagus. Ditambah lagi bnyak universitas terkenal disana. Jadilah image “pernah belajar di Amrik” begitu mempesona. Awalnya, Q ngrasa biasa2 ja waktu dpt beasiswa ke sana (g beda sm beasiswa dr negara luar), tp kok beberapa saat yg lalu, ada orng yg ngomong, “si bapak itu lho..pernah kuliah di Amrik” dan si orng itu begitu bersemangat menceritakan si bapak yg pernah kuliah di Amrik. Dari situlah, Q merasa bersyukur pernah menginjakkan kaki di salah satu negara bagian Amrik, Arizona, dan pernah mengenyam pendidikan disana.

Beberapa minggu yg lalu, ada seseorang yg curhat klo dia pernah temenan sm orng yg pernah kuliah di luar negeri, g tanggung-tanggung, hidup di negeri sakura slama 4 tahun. Tp temen itu g da “pencerahan” sama sekali. Dengan kaata lain, sekembalinya dia dari belajar di LN, g da yg berubah dlm sikap dan pemikirannya. Sampai2 beberapa orang disekitarnya berkomentar, “Mendingan kuliah di Indonesia ja, masak lulusan PT luar negeri kok pikirannya kyk gtu..”.

Menurutku, hal yg bisa kita dapetin ketika kita belajar di negeri orang adl pikiran kita jd “open minded”. Secara…slama kita di sono, kan sering ketemu dgn orang yg berasal dr belahan dunia lain. Jd hal ini membuat kita belajar mengakui. memahami sekaligus menghargai perbedaan itu. Kita jadi lebih terbuka menerima hal-hal baru.

Pengalamanku slama kuliah di Arizona,

Q punya temen dari China, dia anak tunggal di keluarganya dan dia atheis (tau sendiri kan..negeri China itu bebas beragama). Nah..kebetulan pas Q tinggal di sono, pas bulan puasa and Q tetep puasa. Temenku ini sempet nanya2 tentang puasa, knapa hrs puasa, pdhal di Tucson, tempatQ tinggal puuanase pol. di bln g puasa ja, Q kemana2 bawa botol air minum, coz takut dehidrasi. Jd dia heran, dicuaca yg panas kyk gini, kok Q tetep puasa. Nah disinilah Q belajar berdialog lintas agama dgn dia. Dia pun njelasin alasannya knapa dia dan keluarganya tetep atheis. dari sini, Q belajar menghargai perbedaan pendapat. kita sering berdiskusi byk hal, apalagi anaknya asik jg, meski agak manja (maklum anak tunggal..).

Selain itu, Q jd pny temen orang Italia yg beragama Katolik. Dia jg sempet nanya2 tentang Islam dan beberapa ajaran Islam. Bahkan kita pernah lho..buka forum diskusi di dalam kelas dgn dosen yg jd moderatornya. Di klasQ pun ada beberapa muslim dari negara Timur Tengah. Kita saling berdiskusi tentang banyak hal.

Sampai sekarang Q pun tetap belajar utnuk menjadi orng yg open-minded, lebih menghargai dan menghormati orng lain. Karena tidak ada hal absolut di dunia ini. Q pun mengakui klo dengan adanya perbedaan, dunia akan semakin indah. tinggal bagaimana kita memandang dan mendapatkan pelajaran dari hal2 yg berbeda yg ada di dunia ini.

3 Responses to "Be Open Minded Person"

Wah keren.,.,
dari dulu aku pengennn buanget kuliah ato blajar di Luar Negeri,. di Prancis ato Inggris gitu.,., kayanya tu asiikk buanget..

emang beda ga sih kuliah di Indonesia sama di Marik??
apa bedanya cuma fasillitas, lingkungan, orang sekitar sama bahasa aja??
ato…. emang bener2 beda banget rsanya ??

skarang masih kul smsester 5 ni aku… pengennya si kalo bisa dapet beasiswa full-scholarship di Luar .,., hwehhwe…
=)

Alhmdulillah, sy sempet kuliah di Amerika mas Aveef
sy jg pngen bs kuliah di negara2 Eropa
wah..ternyata impian kita sm ya..
smoga bisa terwujud ya

Oia, Aveef..
km tertarik buat dpetin beasiswa ke LN?
skrng ni lg ada pembukaan beasiswa IELSP Cohort 7. Beasiswa ni ngasih kesempatan buat km utk belajar bhs Inggris di beberapa universitas di Amrik.
Q slah satu penerima beasiswa ni tahun lalu.
Syaratnya minimal mhsw smt 5. Utk lebih jelasnya ada di salah satu item di blogQ, judulnya IELSP Cohort 7.
kalau berminat, silahkan dicoba..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 57,560 hits

Klik tertinggi

  • None

Pages

%d bloggers like this: