Risa's blog

Pengalaman Tes Deplu 2009

Posted on: August 31, 2009

Kmren tgl 29 Agustus 09, Q berkesempatan ikutan tes Deplu. Lokasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ). Temen2 yg ikutan sih lmyan bnyk, menurut situs Deplu ada 6.149 orang. Keren kan?? Sbnrny ketika Deplu buka lowongan, yg daftar secara online ada 16.000-an pelamar. Lalu yg ngirimin berkas lengkap cm ada 10.000-an pelamar. Nah dari jumlah td, yg lolos seleksi administrasi “cm” 6.149 td. Saking banyaknya pelamar, tes dibuat 2 gelombang, pagi n siang. Q dpt yg pagi, agak ngantuk sih..coz hbs sahur cm tidur bntar, tp lumyan otak msh fresh lah..Hohohoho

Pengalaman tes Deplu thn ini adalah pengalaman pertamaQ tes bareng ribuan orng dlm waktu yg bersamaan. Waktu tes, Q smpet ketemu sm tmn2 AlmamaterQ, jd serasa reunian gtu. Hohohoho. Hbs ujian kita malah kangen2an..Hahaha

Jujur, awalnya Q males ikutan tes Deplu. Saingannya itu loch yg ribuan, jd kyknya probabilitas utk lolos kecil. Yg lolos seleksi g hanya orang2 pinter, tp jd “lucky”. Tp temen2Q bilang, “anak HI, klo g nyoba tes Deplu kurang afdhol”. “Pokoknya nothing to loose lah.., jd dicoba ja. Sapa tau lolos..”. Amiin.

Penjelasan Tes Tulis Deplu

Kmren tesnya terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 10 soal jawaban singkat, 3 soal essay bhs Indonesia (utk S1) dan 3 soal essay bhs Inggris (utk S1). klo S2, soal essaynya 5 soal. Ujiannya diadain slama 3 jam. Agak mepet sih buat ngerjain soal2 itu smua. TP, yg pasti.. I did it, meski blm tau gmn hasilnya. Katanya pengumuman tes tulis ini tgl 3 Oktober, jd msh lama. Klo pun lolos, msh ada 2 tes lagi, tes bahasa dan tes final (IT n psikologi). Wish me Luck ya..;)

Klo soal2nya yg keluar, isunya macem2 sesuai dgn isu yg lg “hot”. klo tahun ini isunya ada teorisme, financial crisis, education, flight ban from EU, HAKI alias HAk kekayaan Intelektual. Yg pasti ada soal ttg ASEAN, siapa Menlu RI pertama dan skrng, nama Sekjen ASEAN dan lokasi Sekretariat ASEAN, tema pidato presiden periode 2009-2014, MDGs, trs sejarah diplomasi Indonesia jg keluar. Intinya soal2 Deplu merupakan kombinasi antara peritiwa masa lalu hingga masa kini. Jd hrs tetep update, tp hrs tau sejarah masa lalu.

Hmm..meski masuk Deplu agak susah, tp tetep ja..peminatnya bejibun. Mungkin prospek karirnya bagus, jd banyak peminatnya. For those who joined the exam, just hope for the best result….;)

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 57,560 hits

Klik tertinggi

  • None

Pages

%d bloggers like this: